Jakarta - Dunia teknologi dipenuhi dengan berbagai merek terkenal. Namun, merek mana saja yang dianggap punya nilai paling tinggi?
Interbrand selaku perusahaan konsultasi brand global baru saja merilis daftar terbaru merek paling bernilai di dunia. Beberapa di antaranya adalah merek yang sudah familiar di jagat teknologi.
Berikut brand teknologi yang dinilai paling berharga di dunia menurut penelitian Interbrand yang OKI PUTERA UTOMO kutip dari Business Insider, pada Rabu (3/10/2012).
5. Intel-USD 39,4 Miliar:
Intel barangkali masih paling terkenal di industri prosesor. Namun demikian, nilai brand mereka menurun 12% dari tahun lalu. Mungkin karena Intel kurang begitu sigap mengantisipasi perkembangan smartphone dan tablet. Di sektor perangkat mobile ini, Intel masih kalah dari ARM.
4. Microsoft - USD 57,9 miliar:
Microsoft selalu konsisten masuk papan atas brand paling bernilai. Nilai brand mereka hanya turun 2% dari tahun lalu. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini sedang mempersiapkan pemasaran sistem operasi Windows 8. OS ini dirancang bekerja sama baiknya di komputer PC maupun perangkat ponsel.
3.Google - USD 69,7 miliar:
Brand Google bernilai USD 69,7 miliar. Itu adalah kenaikan sebesar 26% dari tahun lalu. Memang Google tengah bersinar. OS Android buatan mereka tengah perkasa. Mereka juga baru merampungkan proses akuisis terhadap vendor ponsel Motorola.
2. IBM - USD 75,5 miliar:
IBM terus berkembang menjadi perusahaan software dan hardware papan atas di enterprise. Vendor ini memiliki nilai brand USD 75,5 miliar, naik 2% dari tahun sebelumnya. IBM dulu pernah berbisnis komputer yang terjenal dengan nama Thinkpad. Namun sekitar tahun 2000-an dijual kepada Lenovo.
1. Apple - USD 76,6 miliar:
Apple masih terus mengibarkan panji-panji kejayaannya. Di jagat teknologi, brand mereka adalah yang paling bernilai menurut Interbrand. Mereka juga menjadi perusahaan dengan market cap terbesar di dunia. Baru-baru ini, Apple memasarkan iPhone 5. Meski dilaporkan banyak kekurangan, handset ini tetap cukup laris terjual, mencapai 5 juta unit dalam minggu pertama pemasarannya.
No comments:
Post a Comment