Wednesday, 1 May 2013

Gangguan Dan Cara Mengatasi Gangguan Pada System Bahan Bakar Diesel




      Sistem injeksi bahan bakar tidak bekerja dengan baik

Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi
b. Nozzle rusak
c. Ada udara pada saluran bahan bakar (masuk angin)
d. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat
e. Contorl Rack tidak berfungsi
f. Automatic timer tidak tepat
Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi atau ganti dengan pipa tekanan tinggi yang baru
Ganti dengan nozzle baru
Keluarkan udara dari saluran bahan bakar,dengan cara memompakan priming pump dan udara yang ada
Stel pada penginjeksian bahan bakar
Perbaiki mekanisme control rack
f. Stel automatic timer
      Gangguan pada system bahan bakar
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Saringan pada pompa pemindah tersumbat
Saringan bahan bakar teersumbat
Tangki Bahan bakar kotor
Kemampuan pompa pemindah sangat rendah
Injeksi bahan bakar tidak tepat
f. Jumlah bahan bakar yang di injeksikan kedalam slinder tidak sama
g. Governur kurang baik
h. Ada angin Pada saluran bahan bakar
i. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi
a. Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
b. Ganti elemen saringan bahan bakar
c. Bersihkan tangki bahan bakar
d. Perbaiki/ganti pompa pemindah
e. Stel saat penginjeksian,dengan cara mengeserkan pompa injeksi
Kalibrasi Pompa injeksi Pada test bench
Stel pompa injeksi pada test bench
Keluarkan udara dari saluran bahan bakar.(bleeding)
Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi/ganti pipa tekanan tinggi
      Engine Knocking ( Denotasi )
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Atomisasi nozzle kurang baik atau tekanan peninjeksian tidak tepat
b. Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah)
c. Saat Injeksi bahan bakar terlalu cepat
d. Jumlah bahan bakar yang di injeksikan ke dalam slinder tidak rata
Overhaul nozzle,bersihkan komponen-komponennya dan ganti jika rusak,Kemudian stel tekanan nozzle sesuai dengan spesifikasi
Ganti dengan bahan bakar yang sesuai
Stel pemasangan pompa terhadap mesin
Kalibrasi pompa injeksi pada saat test bench
      Putaran mesin kasar khususnya pada putaran idle
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Julah bahan bakar yang di injeksikan kedalam slinder tidak sama
Control rack tidak berfungsi
Idling spring capsule stelannya kurang baik
Diafragma governor tidak berfungsi dengan baik
Atomisasi nozzle kurang baik atau tidak tepat
Kalibrasi Pompa injeksi pada test bench
Bongkar control rack dan stel mekanismenya
Stel idling spring capsule
Periksa diafragma dan ganti jika rusak
Stel nozzle dan ganti jika rusak
      Mesin susah dihidupkan
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Bahan bakar tidak sampai ke pompa injeksi atau bocor
Saluran bahan bakar tersumbat oleh udara (masuk angin)
Saringan bahan bakar dan saluan bahan bakar tersumbat
Kemampuan pompa pemindah menurun atau tidak sesuai dengan spesifikasi
Pipa tekanan tinggi lepas,longgar atau pecah
Control rack tidak mencapai posisi tempat bahan bakar dinjeksikan
Delivery valve rusak
Jumlah bahan bakar yang di injeksikan terlalu sedikit,karena pompa pemindah rusak
Tekanan tipenginjeksian bahan bakar terlalu rendah
Saat penginjeksian bahan bakar terlalu rendah
Governur atau full load capsule stelannya kurang baik
Periksa saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor
Keluarkan udara dari saluran bahan bakar,(bleeding)
Bersihkan atau ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar
Perbaiki atau ganti pompa pemindah
Keraskan mur pengikat pipa tekanan atau tinggi
Perbaiki posisi control rack dan perbaiki pula mekanismenya
Ganti delivery valve
Perbaiki Atau ganti pompa pemindah
Stel atau kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi
Stel saat pengijeksian
k. Stel pompa injeksi pada test bench
      Mesin asapnya banyak , tapi mesin tidak mau hidup
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Saat penginjeksian bahan bakar terlambat
Timer lock nut longgar atau lepas
Atomisasi bahan bakar tidak baik
Kotoran (karbon) berkumpul pada noozle needle
Angka cetane terlalu rendah
Bahan Bakar bercampur air
Stel saat penginjeksian
b. Keraskan mur pengunci timer
c. Perbaiki Dan stel nozzle atau ganti jika rusak
d. Bersihkan nozzle atau ganti jika rusak
e. Ganti jenis bahan bakar
f. Ganti bahan bakar
      Selama mesin di stater mengeluarkan banyak asap hitam
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya
Timer injection timing terlalu cepat atau lambat
Pemasangan pompa injeksi terhadap
Atomisasi bahan bakar kurang baik
Nozzle rusak
Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle
Skrup control inion clamp lepas atau longar
Drive valve rusak
Delivery valve spring putus
Stelan full load capsule tidak baik
Pneumatic governor link atau stopper aus
Bongkar automatic itimer dan stel
b. Periksa Pemasangan pompa injeksi,dan tepatkan saat penginjeksiannya (sesuia spesifikasi)
c. Perbaiki dang anti nozzle
d. Ganti nozzle
e. Bersihkan nozzle needle dan ganti jika rusak
f. Stel posisi control pinion dan keraskan skrupnya
g. Ganti delivery valve
h. Ganti pegas delivery valve
i. Stel full load capsule
j. Perbaiki atau ganti mekanisme governor pneumatic
      Selama mesin hidup banyak mengeluarkan asap
Kemungkinan penyebab kerusakan/gangguan
Cara mengatasinya

Saat penginjeksian bahan bakar terlalu cepat
Bahan bakar bercamour dengan air
Cincin torak dan dinding slinder bocor,sehingga minyak pelumas naik ke ruang bakar
Oli sil katup bocor,sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar
Bahan bakar yangdi injeksikan terlalu banyak
Jumlah bahan bakar yang di injeksikan ke dalam slindert tidak sama
Udara yang masuk ke dalam slinder terlalu sedikit,kaerna saringan udaranya tersumbat
Oli mesin terpompa ke atas

Tepatkan saat penginjeksian sesuai spesifkasi
Ganti bahan bakar
Ganti cincin torak dan perbaiki dinding slindernya
d. Ganti sil katup
Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
f. Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
Bersihkan saringan atau ganti
h. Periksa permukaan oli mesin,dan sesuaikan jumlahnya dengan spesifikasi

No comments:

Post a Comment